STARBUCKS INDONESIA

Sekilas Mengenai Starbucks

Bagi pecinta kopi pasti tau Starbucks kan. Gerai kopi yang sudah terkenal di mana-mana. Starbuks Company adalah sebuah perusahaan atau jaringan kedai kopi di AS, tepatnya di Seattle, Washington oleh Jerry Baldwin, Zev Siegel, dan Gordon Bowker. Howard Schultz lalu bergabung dengan Starbucks dan terispirasi oleh bar di Italia dan membuka jaringan II Giornale (nama awal Starbucks) pada 1985. Tak lama setelah itu, Baldwin, Siegel, dan Bowker membeli Peet’s Coffe and Tea, II Giornale dijual kepada Howard dan kemudian diganti namanya menjadi Starbucks pada 1987. Dengan 15.012 kedai kopi di 44 negara, membuktikan bahwa Starbucks adalah kedai kopi terbesar di seluruh dunia. Selain menjual minuman hangat yang berbasis espresso, Starbucks juga menjual minuman dingin, makanan ringan, dan secangkir biji kopi.
Starbucks yang pertama kali dibuka di Seattle pada tahun 90an dan terus berkembang pesat sampai tahun 2000an. Sebenarnya, pada tahun 2008 Starbucks memiliki 16.226 kedai, tapi pada saat itu, Starbucks memutuskan untuk menutup 600 kedainya dan memberhentikan 1000 pegawainya karena melemahnya perekonomian di AS. Penutupan dan pemberhentian pegawai ini menjadi akhir dari pertumbuhan pesat Starbucks sejak 90an. Kedai Starbucks pertama di luar Seattle yang dibuka adalah di Vancouver dan Chicago. Dan cabang pertama di luar Amerika adalah di Tokyo, Jepang. Starbucks kini sudah bisa ditemui di berbagai negara, termasuk Indonesia. Untuk di Indonesia sendiri, hak waralaba Starbucks dimiliki oleh Mitra Adi Perkasa.
Sekarang ini, sudah banyak kedai Starbucks yang menyediakan Wi-Fi, jadi penikmat kopi bisa makin nyaman banget untuk ngopi di Starbucks. Selain memang kopinya yang enak, suasananya juga nyaman banget.





Kiat Sukses  Starbucks
Kesuksesan Starbucks yang sensasional disebabkan oleh kelihaiannnya dalam menciptakan pengalaman pelanggan yang personal, mendorong pertumbuhan bisnis, menghasilkan profit, membuat keryawannya bersemangat, dan menjamin kesetiaan pelanggan semua itu pada saat yang bersamaan. 5 prinsip Starbucks untuk menjadikan kedai kopinya fenomenal dalam bisnis ritel. 5 Prinsip tersebut adalah:

1.    Lakukan Dengan Cara Anda.

Sekarang ini, para pemimpin bisnis menginginkan karyawan mereka terlibat penuh dalam tugas-tugas yang mereka kerjakan, tidak hanya mengerjakannya dengan baik dan benar. Dengan menerapkan prinsip ini, Starbucks berhasil menciptakan sebuah model unik yang mendorong mitra untuk menuangkan energi kreatif dan dedikasi mereka pada semua yang mereka lakukan. Para pemimpin Starbuck telah menyediakan sebuah struktur yang memungkinkan mitra untuk membenamkan diri mereka sendiri ke dalam ekerjaan, sehingga mereka bisa mengilhami pelanggan dengan cara-cara legendaries. Para pemimpin menyebutnya “Lima Kiat Sukses”, yakni Ramah, Tulus, Perhatian, Berwawasan, dan Peduli.

2.    Semuanya Penting.

Sebagian kesuksesan Starbucks terkait dengan kemampuan luar biasa mitra dalam memperhatikan detail-detail terkecil yang sangat penting bagi konsumen. Manajemen Starbucks paham bahwa keunggulan kompetitif lahir bila semua pihak dalam perusahaan berpandangan bahwa tidak ada hal yang sepele dan bahwa pelanggan memerhatikan segala hal. Selain itu, Manajemen Starbucks terus meningkatkan dan menyempurnakan sumber daya pelatihan, tidak hanya pada wawasan produk dan level-level operasional, tetapi juga dalam bidang-bidang yang memberikan kesempatan pada mitra untuk turut memiliki perusahaan.

3.    Surprise and Delight.

Pihak Starbucks membuat komitmen yang kuat untuk menciptakan sebuah pengalaman Surprise and Delight di semua area bisnis. Dan mereka mencari cara untuk memberikan kebahagiaan subjektif bagi pelanggan dan staf yang akan menghasilkan efek besar pada loyalitas, komunitas, dan laba. Manajemen senior Starbucks memahami bahwa salah satu hal terbaik dari kejutan adalah orisinalitasnya. Dengan berbagai pengalaman kejutan-kejutan Starbucks yang dilakukannya ada para pelanggan setia, ternyata dapat meningkatkan laba serta pelanggan yang berkunjung ke Starbucks.


4.    Terbuka terhadap Kritik.

Menghargai kritik adalah salah satu bagian utama dari prinsipStarbucks. Terbuka terhadap Kritik melibatkan seperangkat keahlian lengkap yang membuat bisnis dan mitra mampu menciptakan peluang bisnis dan hubungan baik saat dihadapkan pada keraguan, gangguan, atau kecurigaan. Dalam bisnis, menyenangkan sekali jika media memuat nama perusahaan Anda saat segalanya berlangsung dengan baik. Namun, semuanya akan berbeda jika media membuat tulisan negative tentang perusahaan Anda. Seperti yang dilami Starbucks ketika kolom ynag ditulis David M. Martin, seorang kepala konsultan pelatihan, muncul dalam internet bankstock.com. Fenomena Starbucks dengan pelanggan setia, dapat memiliki kelemahan ketika tingkat pelayanannya kehilangan konsistensi. Dan biasanya bukan hanya satu kejadiam dramatis yang mlmahkan merk tersebut.

5.    Leave Your Mark.

Keterlibatan sosial adalah bagian integral dalam misi pemimpin Starbucks, karena partisipasi dalam komunitas berguna untuk mengekspor Starbucks Experience kepada masyarakat seluruh dunia.Pemimpin Starbucks memasukkan komitmen social perusahaan dalam pernyataan misinya, yang menyatakan bahwa Starbucks akan “memberikan kontribusi positif pada komunitas itu, manajer-manajer Starbucks juga bekerja dengan ulet untuk memastikan bahwa misi dan nilai yang mereka pegang teguh menjadi landasan di setiao keputusan bisnis yang mereka mabil sehari-hari. Bahkan, pemimpin Starbucks telah membuat sbuah pernyataan misi terpisah yang memasukkan komitmen khusus perusahaan terhadap masalah-masalah lingkungan.
 Kelebihan dan Kekurangan  Starbucks
Kelebihan dari sisi penjualan
1.    Pada tempat penjulan di sedian wifi corner
2.    Selain kopi disediakan juga fresh food
Kelebihan dari sisi web
1.    Web-nya atraktif.
2.    Informasi yang diberikan tentang produk lengkap.
3.    Informasi tentang tempat penjualan/gerai lengkap.
4.    Musik yang diputar pada gerai lebih baik/bagus dari sisi kualitas lebih baik dari pada kompetitor.
Kekurangan dari sisi penjualan
1.    Harga lebih mahal karena mengikuti kurs mata uang.
Kelebihan dari sisi web
1.    Daftar harga tidak tersedia.
link starbucks global dan starbuks indonesia

0 Response to "STARBUCKS INDONESIA"

Posting Komentar