SEJARAH GAME

Pengertian Game

Game merupakan kata dalam bahasa Inggris yang berarti permainan. Permainan adalah sesuatu yang dapat dimainkan dengan aturan tertentu sehingga ada yang menang dan ada yang kalah, biasanya dalam konteks tidak serius atau dengan tujuan refreshing. Dalam penggunaannya kata game sering digunakan untuk menyebutkan video game. Video game adalah game yang berbasis elektronik dan visual. Video game dimainkan dengan memanfaatkan media visual elektronik.


Sejarah Perkembangan Game
Pada tahun 1952, seorang mahasiswa Universitas Cambridge bernama A.S. Gouglas membuat permainan OXO (tic-tac-toe) dalam versi grafik. Permainan ini ia kembangkan ketika hendak mendemonstrasikan tesisnya tentang interaksi antara manusia dan komputer. Pada tahun 1958 William Higin Botham mendesain sebuah game dengan judul Tennis For Two yang dimainkan dalam oscilloscope, dan kemudian ada pula Steve Russel pada tahun 1961 dengan game berjudul Spacewar yang dibuat dalam komputer mainframe DEC PDP-1 saat mereka menjalani studi di MIT.
 Sejarah video game tidak hanya mengenai orang-orang yang berperan di dalamnya, tetapi juga mengenai berbagai perusahaan game yang mempunyai kasus ironis. Atari adalah perusahaan Amerika dengan nama Jepang, dan perusahaan Jepang bernama SEGA didirikan oleh orang Amerika. Magnavox yang memulai peran perusahaan ini telah berumur 1 abad, dan Nintendo sebagai perusahaan yang mempopulerkan kembali video game juga sama tuanya, serta tidak ada yang pernah berpikir bahwa Sony yang merupakan perusahaan penemu banyak barang-barang elektronik mulai dari transistor radio hingga alat perekam video, akan membuat sebuah console yang menjadi produk dengan tingkat penjualan yang tinggi hingga saat ini.


  • Era sebelum munculnya game (1889 – 1970)
Era ini merupakan era paling awal dimana merupakan masa pertama kali tumbuhnya perusahaan-perusahaan game yang terkenal hingga saat ini dan mulai ditemukannya bentuk video game yang pertama. Dimulai pada tahun 1889 dimana Fusajiro Yamauchi mendirikan Marufuku sebagai perusahaan yang memproduksi dan mendistribusikan Hanafuda, permainan kartu ala Jepang. Kemudian perusahaan ini mengganti nama menjadi The Nintendo Playing Card Company, di mana kata “Nintendo” berarti menyerahkan keberuntungan pada surga.  Tahun 1954 seorang bernama David Rosen, melihat popularitas dari mesin permainan berbasis koin yang dilihatnya di markas Amerika di Jepang. Oleh karena itu ia mendirikan Service Games untuk mengeksport permainan ini ke Jepang.

Pada tahun 1960an Rosen memutuskan untuk membuat sendiri mesin permainan berbasis koin miliknya dan akhirnya membeli Tokyo Jukebox and Slot-machine Company. Nama SEGA yang merupakan singkatan dari kata SErvice GAmes akhirnya diadopsi menjadi nama perusahaannya. Sekitar tahun 1960an banyak game yang dijalankan dengan komputer universitas di Amerika Serikat, yang dikembangkan oleh beberapa pengguna individu yang memprogramnya pada waktu senggang. Namun jumlah game yang dibuat sedikit dan banyak yang tidak mengenalnya atau memainkannya. Pada tahun 1961, Steve Russell dan kawan-kawan memprogram permainan komputer berjudul Spacewar di DEC.
  • Era mulainya game (1971-1977)
Pada tahun 1971 Nolan Bushnell dan Ted Dabney membuat versi coin- operated arcade dari “Spacewar” dan mesin itu dinamainya Space Computer. Pada tahun yang sama Bushnell dan Dabney memutuskan untuk membuat sebuah perusahaan yang membuat video game, yang kemudian didistribusikan melalui perusahaan lain yang diberi nama Atari, diambil dari istilah permainan Jepang Go yang hampir sama dengan istilah “Check” pada catur. Bushnell membuat sendiri programnya berupa video game tennis sebagai yang disebut Pong. Pong menjadi permainan komputer terlaris setelah Atari berdiri dengan lisensinya sendiri, dan menjadi pelopor ratusan permainan komputer tiruan. Pada tahun yang sama ketika Atari berdiri GregoryYob menulis Hunt The Wumpus, sebuah permainan komputer petak umpet yang ditengarai menjadi text adventure game pertama. Yob menulis itu sebagai reaksi permainan petak-umpet yang sudah beredar di pasaran seperti Hurkle, Mugwump, dan Snark.

Pada tahun 1975 Will Crowther menulis text adventure game pertama yang kita kenal sampai sekarang. Adventure (judul aslinya Advent, dan selanjutnya disebut Collosal Cave) game tersebut diprogram di Fortran untuk PDP-10. Pemain mengkontrol permainan dengan kalimat sederhana seperti perintah-perintah dan nantinya akan mendapat deskripsi teks sebagai output. Death Race (1976) yang dikembangkan oleh Exidy menjadi kontroversi karena kekerasan yang dimasukkan dalam permainan komputer ini. Kontoversi ini meningkatkan awareness publik yang tidak akan pernah berhenti untuk diperdebatkan bahkan sampai saat ini. Pada tahun 1977 Atari mengeluarkan home console, Atari 2600, dengan menggunakan cartidge yang banyak dikenal sebagi media menyimpan permainan komputer sampai era tahun 2000. 9 permainan komputer didesain dan dilempar ke pasaran untuk musim liburan.
 
  • Masa Keemasan (1978-1981)
Masa ini merupakan masa keemasan bagi industri arcade, jaman keemasan ini ditandai dengan meratanya bisnis arcade dan munculnya arcade ame berwarna yang berlanjut sampai pertengahan tahun 80an dan 90an. Dimulai dengan dirilisnya Space Invaders oleh Taito tahun 1978. Game ini mendongkrak banyak perusahaan untuk memasuki pasar arcade dan memproduksi game yang mereka buat sendiri. Juga pada tahun 1978, Atari mengeluarkan Asteroids. Permainan komputer tersebut adalah permainan komputer terlaris, menggeser kedudukan Lunar Lander, yang pernah dikeluarkan Atari. Permainan komputer arcade berwarna semakin terkenal pada tahun 1979 dan 1980. Permainan komputer klasik lain di penghujung tahun 1970 diantaranya Night Driver, Galaxian dan Breakout. 
 
 
mereferensi pada http://digilib.petra.ac.id
 

0 Response to "SEJARAH GAME"

Posting Komentar