Keunggulan Ubuntu

Ingin mendapatkan software yang legal dan gratis? Tak perlu lagi membajak software yang harus mempunyai lisensi penggunaan. Cukup memakai Ubuntu dari Linux yang gratis bisa disejajarkan dengan Windows Vista, yang merupakan software terbaru yang dimiliki windows saat ini.

Karena itulah, untuk menyosialisasikan sistem operasi komputer Ubuntu, Komunitas Pengguna Linux Indonesia (KPLI) mengadakan acara Gutsy Release Party di Food Court Plaza Ekalokasari, Sabtu (3/11). Acara tersebut juga serentak diadakan di 10 kota, yakni Lhoksumawe, Binjai (Sumut), Jakarta, Bandung, Semarang, Cirebon, Yogja, Jember, Batam dan Bali.

“Acara ini bertujuan agar bisa menyosialisasikan Ubuntu kepada masyarakat. Karena software ni sangat berguna bagi masyarakat, khususnya para IT. Selain itu kami juga ingin memasyarakatkan Linux,” jelas koordinator acara Gutsy Release Party, Rully Agus kepada Radar Bogor, kemarin.

Ubuntu yang dikembangkan oleh Max Sattlewood, seorang pengusaha dari Afrika yang berdomisili di Inggris, merupakan sistem operasi lengkap yang berbasis Linux, dan menawarkan banyak manfaat bagi penggunanya. Karena software tersebut, bisa didapatkan secara gratis dan tidak perlu adanya lisensi tertentu untuk menggunakannya. Tidak seperti sofware lainnya, Windows misalnya yang harus memiliki lisensi apabila hendak menggunakannya.



“Kemudahan Ubuntu adalah, pertama kita tidak perlu bayar dalam mendapatkan software, cukup melalui download melalui situs resmi www.ubuntu.com, dan setiap penggunaannya tidak perlu lisensi khusus untuk mendistribusikannya, seperti halnya Windows,” lanjutnya. Adapun keunggulan Ubuntu secara teknis adalah tampilan dan pengoperasiannya bisa disejajarkan dengan Windows Vista, yang merupakan software terbaru yang dimiliki windows saat ini.

Untuk pengguna Ubuntu di Indonesia sendiri saat ini sudah cukup banyak, salah satunya dengan membentuk KPLI pada tahun 2006. Bahkan di dunia pada tahun lalu, Ubuntu menempati urutan pertama, untuk pemakaian software terbanyak. Meskipun tahun ini menempati urutan kedua, namun Ubuntu tetap diminati orang banyak dari berbagai kalangan.

Ubuntu juga bisa digunakan oleh semua lapisan, apalagi yang ketagihan dalam software, pasti tidak ingin ketinggalan untuk mendapatkan software yang satu ini.

Harapan dari adanya acara tersebut adalah untuk menyadarkan masyarakat agar tidak lagi membajak software. Dengan memberikan pilihan pada masyarakat, bahwa pilihan yang gratis tidak kalah dengan software yang bayar.

Rencananya Ubuntu sendiri akan terus disosialisasikan kesemua instansi, mulai dari sekolah, kampus-kampus, hingga perkantoran. Bahkan Ubuntu sendiri akan diajukan ke pasaran, agar bisa melakukan free install Ubuntu. Sehingga ketika membeli komputer ataupun laptop maka software yang akan digunakannya adalah Ubuntu.

0 Response to "Keunggulan Ubuntu"

Posting Komentar